MUNĀSABAH AYAT DALAM AL QUR’AN

Foto by MA Al-Lathifah

Sebuah kalimat dalam sebuah bacaan ada satu bentuk hubungan atau keterkaitan antara kata atau kalimat sebelum dan sesudahnya. Bahkan sangat mungkin juga terjadi keterkaitan dengan kata atau kalimat di luar bacaan tersebut. Demikian juga gambaran yang terdapat dalam Al Qur’an. Terdapat ikatan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya dalam satu surat, antara satu ayat dengan ayat lainnya dalam surat yang berlainan, atau antara satu surat dengan surat lainnya. Apalagi jika diketahui bahwa Al Qur’an tidaklah tersusun seperti sebuah karya ilmiah.

Banyak persoalan inti yang silih berganti diungkapkan dalam Al Qur’an, sehingga sangat dibutuhkan cara-cara yang mudah dalam memahaminya. Munāsabah merupakan satu dari sekian banyak cara dalam membantu memahami makna yang terkandung di dalam Al Qur’an. Maka, ilmu munāsabah berupaya melihat berbagai korelasi (hubungan) yang terdapat dalam ayat-ayat Al Qur’an.

Foto by MA Al-LAthifah

1.

Pengertian Munāsabah

Secara Bahasa, munāsabah berasal dari kata (نَاسَبَ – يُنَاسِبُ – مُنَاسَبَةً) yang artinya dekat (qarib). Al-Munāsabah artinya sama dengan Al-Qarabah yang berarti mendekatkan dan juga Al-Musyakalah yang berarti menyesuaikan.

Pengertian munāsabah secara istilah menurut beberapa ulama adalah sebagai berikut:

  • Menurut Ibnu ‘Arabiy, munāsabah adalah koherensi atau hubungan ayat-ayat Al Qur’an antar satu bagian dengan lainnya, sehingga bagaikan satu kalimat yang maknanya harmonis dan strukturnya yang rapi.
  • Menurut Al-Biqa’I, munāsabah adalah suatu ilmu yang mencoba mengetahui alasan-alasan dibalik susunan atau urutan bagian-bagian Al Qur’an, baik ayat dengan ayat atau surat dengan surat.
  • Menurut Az-Zarkasyi, munāsabah adalah merupakan usaha pemikiran manusia untuk menggali rahasia hubungan antar ayat atau surat yang dapat diterima oleh akal.

Dari beberapa pengertian terebut, dapat dipahami bahwa munāsabah ialah pengetahuan yang mempelajari berbagai hubungan (relevansi) antara ayat atau surat dalam Al Qur’an. Jadi, dalam konteks ‘Ulum Al Qur’an, munāsabah berarti menjelaskan korelasi makna antar ayat atau antar surat, baik korelasi itu bersifat umum atau khusus; rasioanl (‘aqli), persepsi (hissy), atau imajinatif (khayali); atau korelasi berupa sebab-akibat, ‘illat dan ma’lul, perbandingan dan perlawanan.

2.

Sejarah Munculnya Ilmu Munāsabah

Sejarah munculnya kajian tentang munāsabah tidak terjadi pada masa Rasulullah, melainkan setelah berlalu sekitar tiga atau empat abad setelah masa beliau. Hal ini berarti bahwa kajian ini bersifat ijtihady (pendapat para ulama). Oleh karena itu, keberadaannya tetap sebagai hasil pemikiran manusia (para ahli Ulumul-Qur’an) yang bersifat relatif, mengandung kemungkinan benar dan kemungkinan salah. Sama halnya dengan hasil pemikiran manusia pada umumnya, yang bersifat relatif (zanny).

Meskipun keberadaannya mengandung nilai kebenaran yang relatif, namun dasar pemikiran tentang adanya munāsabah dalam Al Qur’an ini berpijak pada prinsip yang bersifat absolut. Yaitu suatu prinsip, bahwa tartib (susunan) ayat-ayat Al Qur’an, sebagaimana kita lihat sekarang adalah bersifat tauqify yakni suatu susunan yang disampaikan oleh Rasulullah berdasarkan petunjuk dari Allah (wahyu), bukan susunan manusia. Atas dasar pemikiran inilah, maka sesuatu yang disusun oleh Dzat Yang Maha Agung tentunya berupa susunan yang sangat teliti dan mengandung nilai-nilai filosofis (hikmah) yang sangat tinggi pula. Oleh sebab itu, secara sistematis tentulah dalam susunan ayat-ayat Al Qur’an terdapat korelasi, keterkaitan makna (munāsabah) antara suatu ayat dengan ayat sebelumnya atau ayat sesudahnya. Karena itu pula, sebagaimana ulama menamakan ilmu munāsabah ini dengan ilmu tentang rahasia/hikmah susunan ayat-ayat dan surat-surat dalam Al Qur’an.

Asy-Syatibi menjelaskan bahwa satu surat, walaupun dapat mengandung banyak topik pembicaraan namun topik-topik tersebut berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga seseorang hendaknya jangan hanya mengarahkan pandangan pada awal surat, tetapi hendaknya memperhatikan pula akhir surat atau sebaliknya. Karena bila tidak demikian, akan terabaikan maksud ayat-ayat yang diturunkan itu.

Tentang masalah ilmu munāsabah di kalangan ulama terjadi perbedaan pendapat, bahwa setiap ayat atau surat selalu ada relevansinya dengan ayat atau surat lain. Ada pula yang menyatakan bahwa hubungan itu tidak selalu ada. Tetapi sebagian besar ayat-ayat dan surat-surat ada hubungannya satu sama lain. Ada pula yang berpendapat bahwa mudah mencari hubungan antara suatu ayat dengan ayat lain, tetapi sukar sekali mencari hubungan antara suatu surat dengan surat lainnya.

Muhammad Izaah Darwazah mengatakan, bahwa semula orang menyangka antara satu ayat atau surat dengan ayat atau surat yang lain tidak memiliki hubungan antara keduanya. Tetapi kenyataannya, bahwa sebagian besar ayat-ayat dan surat-surat itu ada hubungan antara satu dengan yang lain.

3.

Cara Mengetahui Munāsabah

Dalam meneliti keserasian susunan ayat dan surat (munāsabah) Al Qur’an diperlukan ketelitian dan pemikiran yang mendalam. Terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk menemukan munāsabah ini, yaitu:

1.

Mengetahui susunan dan kalimatnya

Imam al-Suyuthi memberikan penjelasan bahwa harus ditemukan dahulu apakah ada huruf ‘athaf (kata sambung) yang mengaitkannya dan adakah satu bagian merupakan penguat, penjelas ataupun pengganti bagi bagian yang lainnya. Apabila terdapat sesuatu yang dirangkaikan maka di antara keduanya mempunyai sisi yang bersatu seperti firman Allah dalam surat Saba’ ayat 2:

يَعۡلَمُ مَا يَلِجُ فِي ٱلۡأَرۡضِ وَمَا يَخۡرُجُ مِنۡهَا وَمَا يَنزِلُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ وَمَا يَعۡرُجُ فِيهَاۚ وَهُوَ ٱلرَّحِيمُ ٱلۡغَفُورُ ٢

Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang ke luar daripadanya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dialah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun.

2.

Mengetahui maudhu’ atau topik yang dibicarakan

Subhi al-Shalih mengatakan, bahwa pada satu surat terdapat tema (maudhu’) yang menonjol, keseluruhannya terdiri dari bagian-bagian dalam ayat-ayat yang saling bersambungan dan berhubungan. Ukuran wajar atau tidaknya persesuaian ayat yang satu dengan yang lain, atau surat yang satu dengan surat yang lain, dapat diketahui dari tingkat kemiripan atau kesamaan maudhu’ itu. Jika persesuaian itu mengenai hal yang sama dan ayat-ayat yang terakhir suatu surat terdapat kaitan dengan ayat-ayat permulaan surat berikutnya, maka persesuaian yang demikian itu adalah masuk akal dan dapat diterima. Akan tetapi apabila mengenai ayat-ayat atau surat-surat yang berbeda-beda sebab turunnya dan tentang hal-hal yang tidak sama, maka sudah tentu tidak ada munāsabah antara ayat-ayat dan surat-surat itu.

3.

Mengetahui asbāb al-Nuzul

Yakni sebab-sebab turunnya ayat-ayat mengenai satu topik di dalam sebuah surat dengan topik yang sama pada surat yang lain. Kesamaan topik tersebut dapat dilihat dari latar belakang historis turunnya ayat. Melalui pengetahuan terhadap Asbāb al-Nuzul ayat akhirnya dapat memberikan kontribusi dalam menemukan munāsabah antara ayat dan antara surat dalam Al Qur’an.

4.

Bentuk-Bentuk dan Contoh Munāsabah

Para ulama tafsir mengelompokkan munāsabah ke dalam dua kelompok besar, yaitu hubungan dalam bentuk keterkaitan redaksi dan hubungan dalam bentuk keterkaitan makna (kandungan) ayat atau surat. Menurut Quraish Shihab, paling tidak, ada enam jenis munāsabah yang bisa ditemukan dalam Al Qur`an, diantaranya:

1)

Hubungan kata demi kata dalam satu ayat

Munāsabah ini terjadi karena antara bagian-bagian Al Qur`an tidak ada kesesuaian, sehingga tidak tampak adanya hubungan diantara keduanya, bahkan tampak masing-masing ayat berdiri sendiri, baik karena ayat yang dihubungkan dengan ayat lain maupun karena yang satu bertentangan dengan yang lain. Hal tersebut baru tampak ada hubungan yang ditandai dengan huruf ‘athaf (kata sambung), sebagai contoh, terdapat dalam Surah Al-Ghāsyiyah ayat 17-20:

أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى ٱلۡإِبِلِ كَيۡفَ خُلِقَتۡ ١٧  وَإِلَى ٱلسَّمَآءِ كَيۡفَ رُفِعَتۡ ١٨ وَإِلَى ٱلۡجِبَالِ كَيۡفَ نُصِبَتۡ ١٩  وَإِلَى ٱلۡأَرۡضِ كَيۡفَ سُطِحَتۡ ٢٠

Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan. Dan langit, bagaimana ia ditinggikan. Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan. Dan bumi bagaimana ia dihamparkan.

2)

Hubungan antara kandungan ayat dengan ilah (penutup ayat)

Dalam satu surat terdapat korelasi antara awal surat dan akhirannya. Misalnya, dalam surat Al-Qaṣha dimulai dengan kisah Nabi Musa dan Fir’aun serta pasukannya, sedangkan penutup surat tersebut menggambarkan pernyataan Allah agar umat Islam jangan menjadi penolong bagi orang-orang kafir, sebab Allah lebih mengetahui tentang hidayah.

3)

Hubungan ayat dengan ayat berikutnya

Hubungan antara ayat pertama dengan ayat terakhir dalam satu surat. Contoh dalam masalah ini misalnya dalam surat Al-Mu’minūn, ayat 1 yang berbunyi “qad aflaa almu’minūn” lalu di bagian akhir surat tersebut berbunyi “innahu la yufliu al-kāfirūn”. Ayat pertama menginformasikan keberuntungan dalam orang-orang mu’min, sedangkan ayat kedua tentang ketidakberuntungan orang-orang kafir.

Munāsabah antar ayat ini juga dijumpai dalam contoh pada Surat Al Baqarah ayat 45 terdapat kata Al Khāsyi’īn yang kemudian di jelaskan pada ayat berikutnya yang memberi informasi tentang maksud dari kata Al Khāsyi’īn tersebut:

وَٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلۡخَٰشِعِينَ ٤٥  ٱلَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَٰقُواْ رَبِّهِمۡ وَأَنَّهُمۡ إِلَيۡهِ رَٰجِعُونَ ٤٦

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu´. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

4)

Hubungan muqaddimah (pembukaan) satu surat dengan surat berikutnya

Misalnya antara surat Al-Fātiḥah dan surat Al-Baqarah. Dimana dalam surat Al-Fātiḥah berisi tema global tentang akidah, muamalah, kisah, janji, dan ancaman. Sedangkan dalam surat Al-Baqarah berisi penjelasan yang lebih rinci dari isi surat Al-Fātiḥah.

5)

Hubungan penutup satu surat dengan muqaddimah surat berikutnya

Misalnya permulaan surat Al-adīd ayat 1 dengan penutupan surat Al Wāqi’ah ayat 96 memiliki relevansi yang jelas, yakni keserasian dan hubungan dengan tasbih.

 فَسَبِّحۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلۡعَظِيمِ ٩٦

Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha Besar.

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِۖ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡحَكِيمُ ١

Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

6)

Hubungan kandungan surat dengan surat berikutnya

Al Qur`an sebagai satu kesatuan yang bagian-bagian strukturnya terkait secara utuh. Pembahasan tentang munāsabah antar surat dimulai dengan memposisikan surat Al-Fātiḥah sebagai Ummul Kitab (induk Al Qur`an), sehingga penempatan surat tersebut sebagai surat pembuka (Al-Fātiḥah) adalah sesuai dengan posisinya yang merangkum keseluruhan isi Al-Qur`an

Surat Al-Fātiḥah menjadi ummul kitāb, sebab di dalamnya terkandung masalah tauhid, peringatan dan hukum-hukum, yang dari masalah pokok itu berkembang sistem ajaran Islam yang sempurna melalui penjelasan ayat-ayat dalam surat-surat setelah surat Al-Fātiḥah. Ayat 1-3 surat Al-Fātiḥah mengandung isi tentang tauhid, pujian hanya untuk Allah karena Dia-lah penguasa alam semesta dan Hari Akhir, yang penjelasan rincinya dapat dijumpai secara tersebar di berbagai surat Al-Qur`an.

Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha Besar.

5.

Manfaat Mempelajari Ilmu Munāsabah

Diantara manfaat mempelajari ilmu munāsabah ialah sebagai berikut:

1.

Mengetahui susunan dan kalimatnya

Diantara manfaat mempelajari ilmu munāsabah ialah sebagai berikut:

  1. Untuk menepis pandangan orang yang menganggap bahwa tema-tema Al Qur’an tidak mempunyai hubungan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.
  2. Mengetahui hubungan antara bagian Al Qur’an, baik antara kalimat-kalimat atau ayat-ayat maupun surat-suratnya yang satu dengan yang lain, sehingga lebih memperdalam pengetahuan dan pengenalan terhadap kitab Al Qur’an dan memperkuat keyakinan terhadap kewahyuan dan kemukjizatannya.
  3. Dapat mengetahui ketinggian (keindahan) bahasa Al Qur’an dan konteks kalimat-kalimatnya yang satu dengan yang lainnya, serta penyesuaian antara ayat atau surat yang satu dari yang lain.
  4. Dapat membantu menafsirkan ayat-ayat Al Qur’an setelah diketahui hubungan suatu kalimat atau ayat dengan kalimat atau ayat yang lain.

TEMUKAN KAMI

Phone: +62 821-2299-4182
Email: ma.allathifah@gmail.com

Materi Oleh:
Ust. Aceng Badruzzaman, S.Pd.I., M.Ag

Di Posting Oleh:
Asep Suhendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *